Sepenggal cerita di masa lalu

Cerita ini berawal di tahun 2011/2012 hingga berhenti di tanggal 8 september 2017. Berawal dari sebuah senyuman di hari jum’at dan sabtu, bau parfum balqish yang sama seperti punya papa, celotehan candaan lewat team viewer, sending a flirting di surat elektronik (yang ini udah semacam kaya lamaran), saling kode kodean di sosial media; instagram&line, knowing each other by diary books, saling ngode kalau sama sama jealous tapi gaada yang mau ngaku, chatting 24 hours who never say goodbye but always gone and back it again, do stupid things in every night on street with your car (okay, ini agak ambigu tapi bukan gitu maksudnya), when we buy a ice cream u always order oreo mc flurry, hold my hand after we shared a story about relationship/(t), send a picture when we go so far, making a video call but you always not show your face but talk with chat (ini agak goblok sebenernya), btw are you remember about barata jaya street?

 

Direct Message Instagram

okay, itu semua masa lalu yang dimana aku harus ikhlas, ikhlas, dan ikhlas kalau semuanya itu adalah kehendak dari Allah. Aku bisa deket sama orang yang aku mau itu karena dulunya adalah sebuah permohonan kepada Allah sampai suatu saat aku udah dapet apa yang aku mau, aku lupa kalau aku ga pernah berdo’a lagi, aku lupa kalau aku ga pernah bersyukur lagi, sampai aku tidak sengaja memprioritaskan seseorang dalam segala hal. (aku tau ini udah ga bener)

Disini Allah mengambilnya tanpa aku sadar kalau adanya sebuah peringatan, Allah mengambil dengan menyisakan sebuah kenangan, kenangan manis yang juga bikin ngilu kalau kenangan itu berubah menjadi senjata disaat aku tidak sengaja melewati sebuah tempat atau jalan, atau kadang kalau lagi ga ada kerjaan misalnya. kenangan itu tanpa permisi memenuhi kepala lagi, dan lagi.

semua adalah cerita lama, dimana aku melakukan hal diluar kendaliku, aku begitu menikmati hingga akhirnya aku sendiri lupa dengan diriku sendiri, seseorang yang tidak tau diri hingga sampai membuat alur cerita bahwa aku hanya sebuah aktor didalam sebuah opera yang dimana aku tidak punya kuasa apa apa.

aa

disini aku menyadari, bahwa aku memberikan porsi yang berlebihan, dimana saat tempat yang seharusnya sudah terisi penuh, aku memberikan sebuah tempat lagi untuk dipenuhi.

Ya, sesuatu yang berlebihan memang tidaklah baik.

Advertisements

Cerita pagi hari

khayalan ini dimulai dari seorang sahabat menceritakan tentang goals dalam hidupnya, suatu pencapaian terbesar jika dia berhasil kuliah di luar negeri; singapore. tbh, waktu itu aku juga punya mimpi yang sama, yaitu kuliah di luar negeri; perancis. sejak di SMA aku mengikuti yang namanya seminar buat kuliah di luar negeri, aku udah planning sampe aku lulus kuliah di luar negeri. tapi, kita ada dimana takdir adalah penentu segalanya. Allah sudah menggaris bawahi bagaimana takdirku kelak. takdirku yang baru kutahu adalah, s1 yang sudah aku planning selama ini adalah mimpi diatas kertas. aku gabisa kuliah s1 diluar negeri, justru aku kuliah di universitas swasta ya yang bisa dibilang akreditasinya cukup.

back to story,¬†saat sahabatku ini cerita dengan¬†goals¬†dalam hidupnya, saat itu aku mikir¬†“ya mungkin karena aku masih belum diizinkan untuk kuliah di luar negeri, aku berdoa agar kamu bisa mencapai keinginanmu untuk mewakilkan mimpiku lewat mimpimu. aamiin”¬†¬†dan pada waktu yang bersamaan aku berkhayal, jikalau dia sukses mencapai mimpinya untuk¬†study¬†lanjut, aku bisa ke luar negeri bukan untuk menempuh pendidikan, melainkan mengisi waktu liburan bertemu sahabat di luar negeri ya yang waktu itu aku berbicara tentang siapa yang kelak akan bersamaku. khayalan ini berlanjut sampai memikirkan kapan aku akan menikah dan siapa suami yang akan membimbingku kelak, dan apakah aku akan mempunyai anak pertama seorang laki laki atau perempuan?

terlalu egois rasanya jika aku menginginkan pendidikanku hingga lanjut, aku masih mempunyai adik2 yang masih butuh pendidikan hingga ke perguruan tinggi, adalah sebuah tanggung jawab besar mempunyai 3 adik, aku juga tidak mau melihat sisi kesuksesanku hanya aku yang bahagia, namun keluargaku. aku juga ingin mereka ikut bahagia, untuk itu aku menyingkirkan semuan pikiran egoisku selama ini.

hidup selama 21 tahun di dunia ini, membuat aku mikir, hidup itu tidak semudah yang dibayangkan, tidak semudah menggambar diatas kertas putih yang dengan mudahnya memberikan macam warna. Hidup adalah sebuah perjalanan diri yang dimana diri akan mulai mengenal diri sendiri. disatu sisi aku adalah pribadi yang masih belajar, belajar apa makna dari ujian, nikmat, serta rasa syukur dalam diri. hal yang membuat aku jauh selama ini adalah jarangnya aku berdoa sama Allah, jarang mendekatkan diri sama Allah. yang aku pikirkan selama ini adalah bagaimana aku hidup di dunia (sedangkan akhirat kadang ga mikir atau parahnya aku lupa kalau ada kehidupan setelah kematian. naudzubillah..) sampai pada satu ketika aku nih ngerasa kosong dalam hatiku, kehampaan sampai rasa cemas yang berlebihan, aku ngerasa aku ini apa di dunia ini, semacam makhluk yang banyak ngeluh tapi pengen semuanya diturutin.

ketika aku menyadari bahwa hatiku telah lama kosong, telah ditipu sama nafsu dunia, aku mulai berubah sedikit demi sedikit. aku mulai hijrah.¬†aku mulai belajar sholat lima waktu, tanpa perlu ditunda2 dan mulai sedikit demi sedikit membenahi cara aku berpakaian dan memakai kerudung. yang aku rasa selama ini aku belum bener buat pakainya. dari yang pake kerudung asal2an, sekarang aku mau ngerubah sedikit demi sedikit dari yang rambutku sering melambai kalau kena angin (padahal lagi pake kerudung) mulai pakai yang namanya penutup rambut, ya mungkin aku masih belum mampu beli pakaian yang syar’i tapi aku mulai melakukan dari hal yang kecil, dari menutup aurat sekitar wajah (rambut) dan aku berdoa ketika ada rejeki aku mulai coba membeli pakaian yang sekiranya pantes buat kaum hawa tapi tetep modis HEHEHEHE…

 

original (1).jpg

dulu nih, aku mikir kalau pakai baju kaya gitu itu kolot dan gatau namanya mode. tapi seiring jalannya waktu, aku sadar bahwa wanita yang seperti itulah, wanita yang dicari seorang adam untuk dinikahi. aku masih akan terus menerus memperbaiki diri, terus menerus berdoa sama Allah, dan ketika aku udah siap buat tantangan selanjutnya, aku mau nikah.

kenapa aku mau nikah? well, karena aku ngerasa aku butuh seseorang yang siap lahir batin untuk ngebimbing aku dijalan Allah, aku butuh yang namanya seseorang untuk mengutarakan semua pikiranku (lebih dari seorang sahabat) dan aku juga butuh seseorang yang selalu support aku, ngasih semangat aku karena aku pun belum tentu dapet dari orang tua ya becoz mereka sibuk sama kerjaan mereka dan ngurusin anak yang tiap pagi anter jemput sekolah.

untuk itu, aku berhijrah, mendekatkan diri kepada Allah. agar Allah dekatkan pula dengan jodohku, semua yang kulakukan ini karena Allah. Sebaik2nya pemberi adalah Allah. aku capek jatuh pada orang yang menurutku dia adalah yang terbaik, yang pada akhirnya aku jatuh pada kesalahan yang aku buat sendiri.

9:40pm

kalau dibilang dicampakan sih engga, cuma ngerasa aku ga dihargain aja, kaya selama itu kita deket, temenan. yah, mungkin akunya aja yang terlalu baper atau gimana, cuma..yakali aja kita deket terus saling flirting kalau ku tida baper ya namanya aku gapunya hati dong? ya hanya karena aku pernah bilang “mikir tu pake logika jangan pake ati”¬†kamu percaya gitu? ya kali gapake ati, emangnya aku robot apa..¬†kalau dibilang aku yang terlalu berlebihan ya mungkin iya sih….hmm sudahlah..

ok. dia masa lalu, ga semestinya aku selalu inget dia mulu.. bikin¬†flashback¬†dan ga berguna banget..¬†now, it’s time to move on!¬†masih banyak orang diluar sana yang lebih dari dia dan bisa menghargai perempuan sebagai teman atau sahabat. yang masih Allah simpen buat aku, Allah bakal ganti yang baik, jadi yang terjadi, terjadilah.. jangan terlalu berkehendak karena aku, kamu, kita ga punya wewenang.

sekarang, lebih intropeksi diri aja, apa yang kurang dari kita diperbaiki, biasa biasa aja. jangan terlalu berlebihan dalam harapan, karena aku sendiri ngerasain pahitnya kalau harapan itu gabisa terwujud sesuai keinginan kita. banyak banget orang yang dulunya begitu sekarang jadi lebih baik lagi, karena dalam hidup itu terus berputar dan ga mungkin kita stuck terus di posisi sekarang. tergantung gimana kita nyikapi aja sih.

kalau dibilang sedih? iya, pasti. ya..siapa sih yang gasedih kalau pada akhirnya seseorang yang kita impikan di masa depan ternyata lebih milih yang lain daripada kita? sedihlah.. terlebih lagi memori terus bermunculan tiap harinya lama lama bikin muak, capek sendiri karena makin dinikmati makin kurang ajar.large.jpg

sekarang, aku ditanyai sama diriku sendiri;¬†mau sampai kapan terus terusan kaya gini? mau sampai kapan nyiksa diri sendiri? mau sampai kapan tenggelam dalam sedih? mau sampai kapan pura pura bahagia? mau sampai kapan…

tumblr_mjtcg4SKEO1rnoddlo1_500.jpg

banyak hal yang harus kamu jelajahi, hidup kamu bukan tentang dia terus. kamu berhak dong ngerasain yang namanya happy tanpa kepura puraan.. seneng seneng aja kali ngapain pake pura pura, emang kamu lagi casting? dibayar? engga kan. yaudah! kamu lo yang nyiksa dirimu sendiri, kamu lo yang bikin drama disetiap ceritamu. ngapain?? gaada gunanya. toh, kamu unik kok, cantik, dan kamu punya sisi keunikan sendiri yang belum tentu semua cewe di dunia ini punya. lagian mau sampai kapan ngarepin dia mulu? hey! wake up!

 

 

Street Food Review; Seafood ramen made by Jiraya ramen

hai foodies! kali ini mau bahas tentang ramen yang bukan dari resto jepang yang ada di ruko atau mall, tapi dari street food yang ada di nginden permata indah di surabaya. Mungkin untuk sebagian anak kampus disini, ramen disini terkenal enak dan hauce sekali, and thats true dude, disini enak dan recommended buat yang suka ramen. 

Yang bikin enak disini adalah mie nya yang kenyal dan size nya agak berisi, ditambah lagi warna mie nya yang hijau terus kuahnya seger gitu kalau dimakan barengan. Untuk toppingnya ditambah jagung manis, kecamba dan daun bawang yang fresh yang bikin tambah enak. Udangnya sendiri gede dan crunchy, cuma sayangnya porsinya sedikit (hanya cukup untuk mengganjal eits, apa aku yang laper ya

Nah untuk tempatnya sendiri, tempatnya yang minimalis dan warna merah yang menjadi dominan adalah keunikan dari tempat ini, kita bisa langsung liat cara pengelolaan hingga penyajiannya karena tempat untuk makannya berada tepat dihadapannya, jadi kita bisa tau nih dia higenis atau engga (ini nih yang penting) dan yang bikin kita ga bosen, mereka juga memainkan musik billboard hingga si mas mas ini juga ikutan ngerapp jadi kesannya asik aja gitu walaupun ada di pinggir jalan.


Cafe Review; Grilled cheese from Cailano

Cheese quesadilla dan cheesy potato adalah salah satu menu makanan yang ada di cafe ini, makanan berkonsep keju inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. 

Bicara soal konsep ke keju-kejuan, banyak sekali tempat yang menawarkan menu seperti itu, tapi saat udah di meja yang dateng bukan keju beneran melainkan perisa keju (kesel ga tuh?) namun beda lagi sama cailano, rasanya cheesy, kalau kata iklan sih pada  gigitan pertama udah kerasa kejunya (HAHAHA) ditambah lagi salsanya yang fresh dan guacamolenya yang legit buat kita jadi pingin gigit lagi gigit lagi gigit lagi gitude. Cuma yang bikin makin mantep emang sausnya kali ya, soalnya kalau sausnya kurang, agak ada yang kurang gitu rasanya, but over all is good.

untuk minuman chai latte ini bener-bener the best lah kalau pas lagi gerimis-gerimis sendu gitu, karena si doi ini menghangatkan tubuh juga, rasanya tentu creamy dan manis. (disediakan gula juga, jadi bisa menyesuaikan takaran manisnya)

soal makanan tentu kualitas tempat juga dipikirkan dong, nah untuk cailano sendiri, dia menawarkan beberapa spot yang menarik bagi feed lovers, tema putih yang klasik membuat makin betah untuk meneduhkan diri di waktu hujan karena suasananya yang nyaman.

Cafe Review; Ayam Sambal Ijo dari butter n bean.

Siapa sih yang gasuka sama ayam, apalagi kalau ayam itu dimasak sesuai dengan standart koki dapur hotel bintang lima (apasih, receh). 

Ayam bumbu sambal ijo, sesuai tampilannya, ayam yang aku mau bahas disini benar-benar wajib dicoba bagi kamu yang suka banget sama ayam! Iya, ayam disini rasanya benar-benar pas, dari daging sampai bumbunya beneran nagihin. Dagingnya itu lembut dan ga alot terus bumbunya yang aku kira awalnya bakalan pedes banget ternyata pedesnya itu pedas enak (tau ga sih pedes enak itu pedes kaya gimana?) . Jadi pedesnya itu ga terlalu pedes dan masih bisa rasain bumbu aslinya, rempah-rempah yang dari ayam ini beneran masih kerasa. Ditambah lagi dengan nasi hangat yang menjadi makanan pokok kita, penilaian dari 1 ke 10, ayam ini masuk ke daftar nilai yang ke 8.

(tapi disini ga nawarin jasa nail polish ya, hehehe) Selain makanan, aku pesen orange juice, mungkin buat kamu itu biasa karena ya mungkin minuman jus-jus biasa sih. tapi mau review sedikit, kalau jus disini ga asyem, juga ga terlalu bikin diabetes. takarannya pas.

Nah, untuk tempat, butter n bean ini nyaman banget buat dinner atau sekedar mampir nongkrong. karena suasananya yang adem apalagi dekorasi warna pastel yang eye cathcing bikin kita betah lama-lama disini. Karena ini di dalam mall, suasana disini ga bikin kita bosen, walaupun di dalam mall, konsep tema yang ditawarkan inilah yang membuat nyaman layaknya disebuah cafe.

Cafe dalam mall (nah, kek gimana ini ngejelasinnya).  

Cafe Review; Ayam goreng penyet dari babeh street.

Kalian yang suka kuliner, pasti ga asing lagi kan sama nama makanan yang satu ini. Ayam goreng penyet memang menarik untuk sebagian foodies, tapi yang menentukan enak tidaknya makanan ini adalah cara pengelolaannya.

Ayam goreng yang kali ini aku mau bahas adalah ayam dari babeh street. Ayam ini tergolong dibawah rata-rata untuk rasanya, untuk memfokuskan sebuah makanan memang perlu keahlian ekstra, rasanya  cukup hambar, ayamnya masih belum bisa disesuaikan untuk lidah orang jawa yang sudah terkenal dengan rempah-rempah, tapi untuk tingkat kematangannya cukup baik ditambah lagi dengan sambal yang sedikit pedas manis, aku rasa masih bisa tercover.

Minusnya mungkin di soal makanan (beda orang beda pendapat beda lidah) untuk tempat, babeh street ini menawarkan tempat yang nyaman dan instagramable untuk feed lovers, tempat ini cukup menarik, buat foodies yang ingin nongki cantik sama sahabat dan teman, tempat ini bisa dijadikan destinasi selanjutnya, selain harga terjangkau, wifi disini juga cukup oke untuk mendownload satu episode drama korea HEHEHE

Untuk pelayanannya juga termasuk cepat, ramah, dan sopan. Tapi yang paling penting adalah saat aku meminta tolong untuk mengambil gambar, karyawan disini juga pintar untuk mengambil view lighting yang pas.